Muhamad Syukri Muhamad Syukri
@syukri.ig

Hati-hati, Banyak Mafia Tanah di Bogor Timur!

Zaman sekarang, hati-hati beli tanah. Sering kali terjadi penipuan dalam jual-beli tanah. Ujung-ujungnya pembeli rugi puluhan, ratusan juta bahkan milyaran rupiah. Seperti apa modusnya?

Apa itu mafia tanah?

Kejahatan di bidang jual beli tanah ini, sudah dalam taraf terorganisir, sehingga muncul istilah mafia tanah. Mereka adalah sekelompok orang, yang sering melibatkan pejabat pemerintahan resmi, yang berkomplot untuk merugikan pemilik ataupun calon pembeli tanah. Mereka beroperasi dengan sangat rapi, sehingga banyak yang tertipu.

Daerah Bogor bagian Timur, yang akan segera menjadi Kabupaten Bogor Timur, saat ini sedang berkembang pesat. Bahkan sekitar 25 tahun lalu, saat Jonggol akan dijadikan calon Ibukota Indonesia baru (di masa orde baru), menambah daya tarik para kriminal tersebut untuk beroperasi. Apalagi, di area ini, sangat banyak tanah yang diperjualbelikan. Oleh karena itu, banyak mafia tanah berkeliaran di wilayah ini.

Apa modus mereka?

Modus mafia ini, cukup bervariasi, sehingga calon pembeli harus super extra hati-hati. Beberapa oknum yang terindikasi terlibat:

  • Staf/pejabat BPN (Badan Pertanahan Negara). Mereka berperan mengubah status administrasi objek tanah
  • Staf di tingkat desa dan kecamatan terkait, untuk menerbitkan surat keterangan atas tanah
  • Notaris/PPAT dalam pembuatan akta jual-beli

Salah satu modus umumnya, mafia tanah menyerobot tanah kosong yang lama tidak terpakai, kemudian bekerja sama dengan pihak BPN untuk mengubah data di Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) ATR/BPN, hingga sertifikat tanah tersebut keluar atas nama sang mafia tanah, sehingga akan muncul sertifikat ganda. Pihak pemerintah setempat (desa/kecamatan) berperan membuat surat keterangan palsu tentang tanah tersebut.

Mafia tanah biasanya mengincar daerah yang memiliki harga tanah yang tinggi dan menjualnya dengan harga yang miring/murah.

Jika ada yang tertarik, pihak notaris/PPAT kemudian akan memproses jual-beli tanah tersebut. Biasanya kasus pemalsuan ini baru ketahuan setelah pemilik asli tanah tersebut akan membangun dan kaget karena tanahnya sudah diambil alih orang lain.

Modus lainnya, para oknum tersebut mengubah/memecah sertifikat aslinya menjadi beberapa sehingga lebih sukar untuk dideteksi.

Solusi

Sikap super hati-hati adalah kuncinya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan para calon pembeli:

  • Cek status tanah di BPN (walaupun ada kemungkinan datanya sudah diubah mafia)
  • Jangan percaya kepada notaris/PPAT yang ditunjuk penjual. Lebih baik serahkan kepada notaris/PPAT pilihan Anda, dan minta agar beliau melakukan pengecekan secara menyeluruh tentang tanah tersebut.
  • Minta dokumen seperti riwayat kepemilikan, bukti bayar PBB, surat bebas sengketa kepada penjual
  • Datangi lokasi tanahnya, dan tanyakan ke tetangga di sekitarnya. Pastikan pemiliknya sama dengan yang tertera di dokumen
  • Jika diperlukan, konsultasi dengan Tim Pelaksana Satuan Tugas Pencegahan dan Pemberantasan Mafia Tanah yang ada di BPN setempat.

Beli Kavling Tanah yang Aman?

Kami menawarkan kavling-kavling tanah yang clean dan jelas statusnya. Insya Allah asli 100%. Bahkan, berbeda dengan developer-developer lain, yang sering menawarkan tanah kepada pembeli walaupun tanah tersebut belum milik mereka, developer dari Granada Land, Granada Mountain View, Granada Garden Ville, Granada River Side Resort ataupun Granada Hills menyatakan bahwa tanah yang dijual sudah milik mereka. Bukan hanya berstatus PPJB dengan pemilik aslinya.

Developernya adalah Isykariman Property yang telah mengelola lebih dari 140 hektar kavling tanah. Riwayat tanahnya pun jelas. Bisa didapatkan secara resmi melalui kantor desa/camat setempat.

Alhamdulillah, sudah ribuan konsumen yang mempercayakan pembelian tanahnya ke kami, dan tidak ada masalah. Proses adminitrasi AJB (Akte Jual Beli) Insya Allah segera diterbitkan (sekitar 6 bulan setelah jual beli) dan jika dikehendaki, kami bisa mengurus hingga SHM.

Kelebihan lainnya:

  • Posisinya yang strategis
  • Berada di wilayah kuning (sehingga bisa dimanfaatkan sebagai rumah tinggal/kebun)
  • Nilai investasinya cepat meningkat, Insya Allah.

Segera hubungi saya, untuk berkonsultasi membeli kavling tanah yang aman dan berprospek tinggi dengan mengklik tombol WhatsApp di bawah kanan layar berikut ini!

Infokan ke teman melalui: