Muhamad Syukri Muhamad Syukri
@syukri.ig

Apa itu NJOP? Apa manfaatnya bagi Investasi Kavling Kita?

Ternyata dari NJOP itu, kita bisa menilai apakah nilai sebuah investasi itu tinggi atau tidak. Walaupun demikian, ternyata ada juga faktor-faktor lain yang menentukan nilai investasi properti kita.

NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) adalah harga properti (tanah) yang ditetapkan oleh negara sebagai dasar penetapan pajak. NJOP ini dihitung berdasarkan rata-rata harga yang diperoleh dari transaksi jual beli yang terjadi secara wajar di wilayah tertentu. Jika tidak ada transaksi maka NJOP dihitung berdasarkan perbandingan dengan objek lain yang sejenis.

Normalnya, NJOP itu dihitung dan ditetapkan oleh pemerintah setiap 3 tahun sekali. Tetapi bisa juga setiap tahun, jika suatu daerah berkembang pesat.

Guna NJOP

Dari sisi investasi, NJOP digunakan sebagai patokan terhadap harga pasaran sebuah properti/tanah. Biasanya harga pasaran properti tanah itu 1.5 – 2 kali NJOP. Jadi, jika NJOPnya Rp. 1 juta/m, maka harga pasaran properti tersebut adalah Rp. 1.5 – Rp. 2 juta /m2.

Jika harga yang ditawarkan penjual melebihi 2 kali NJOP sebuah properti, maka kita bisa anggap harganya sangat tinggi.

Nilai NJOP sebuah properti bisa dilihat pada Tagihan PBB (Pajak Bumi Bangunan) properti tersebut, yang ditagihkan setiap tahun oleh pemerintah.

NJOP ini juga digunakan sebagai dasar penetapan untuk pajak jual-beli sebuah properti. Besarnya 2.5% dari nilai jual belinya. Biasanya, nilai jual yang diambil adalah dari NJOP.

Jadi, secara mudahnya jika kita melihat sebuah properti dengan NJOP total Rp. 100 juta, maka nilai properti tersebut adalah Rp. 150 juta – 200 juta, dengan tambahan pajak penjualan Rp. 2.5 juta.

Kenaikan Nilai Investasi

Dari uraian diatas, boleh dibilang NJOP merupakan salah satu faktor penting untuk mengukur kenaikan nilai investasi, karena berdasarkan NJOP lah kita tahu besaran kenaikan nilai investasi.

Namun perlu diingat, nilai investasi juga ditentukan oleh faktor lain, seperti infrastruktur wilayah, keindahan alam, kesuburan tanah dan sebagainya. Bahkan dalam banyak kasus, faktor emosi atau historis juga berpengaruh besar pada kesepakatan harga. Yang penting, pembeli dan penjual sama-sama ridho.

Allah SWT berfirman:

QS. An-Nisa’ Ayat 29

  • يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِّنْكُمْ ۗ وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا

    29. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu.

Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menentukan investasi kita sehingga nilainya bisa naik dengan cepat.

Jika Anda butuh investasi kavling tanah yang prospeknya bagus, bisa memiliki kavling-kavling tanah di Granada Land, Granada Garden Ville, Granada Mountain View, Granada Riverside Resort atau Granada Hills. Beberapa keunggulan dari kavling-kavling tanah tersebut adalah:

  • Terletak di kawasan kuning/serbaguna (wilayah yang diperbolehkan untuk dibangun rumah, wisata dan berkebun)
  • Memiliki pemandangan yang indah, akses mudah dan infrastruktur bagus, Insya Allah
  • Saat ini Bogor Timur akan menjadi kabupaten sendiri sehingga nilainya akan naik
  • Pengelolaan kavling secara syariah
  • Sistem Jual Beli menggunakan akad yang syariah, sehingga menambah keberkahan
  • Terletak di kawasan yang didisain menjadi kawasan syariah
  • dan masih banyak lagi…

Butuh konsultasi untuk mendapatkan investasi kavling tanah yang bagus? Jangan ragu untuk mengontak saya, Muhamad Syukri, melalui tombol WhatsApp di bawah kanan halaman ini.

Infokan ke teman melalui: