Muhamad Syukri Muhamad Syukri
@syukri.ig

Tahun 2026, Cariu-Tanjungsari dilalui Jalan Tol! Insya Allah

Berinvestasi tanah kavling di Bogor Timur, khususnya Kecamatan Cariu dan Tanjungsari, Insya Allah semakin menjanjikan. Akses dari 2 tol utama semakin mudah untuk mencapainya sehingga investasi tanah kavling Anda semakin menjanjikan, Insya Allah.

Berdasarkan rilis yang saya dapatkan dari Badan Pengatur Jalan Tol, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jalan Tol Sentul Selatan – Karawang Barat merupakan salah satu dari 8 proyek jalan tol yang akan segera dibangun. Jalan tol sepanjang 61.5 km ini, berawal dari Pintu Tol Sentul Selatan di Jagorawi hingga Pintu Tol Karawang Barat di jalur tol Cikampek.

Saat ini aktifitas transportasi diantara kawasan Sentul dan Karawang harus melalui jalan non-tol (yang berkelok-kelok, banyak persimpangan dan rawan kerusakan karena dilalui kendaraan berat), Tol Jagorawi dan Tol Cikampek. Intensitasnya pun sangat tinggi hingga menyebabkan kemacetan parah.

Berdasarkan data yang didapatkan di tahun 2022 lalu, ada 19.701 kendaraan setiap hari yang menempuh jalur diantara Sentul dan Karawang. Diprediksi, tahun 2032 angkanya meningkat menjadi 48.677 kendaraan hingga mencapai 89.437 kendaraan/hari pada tahun 2061. Oleh karena itu, untuk meningkatkan mobilitas diperlukan peningkatan infrastruktur (khususnya jalan tol) diantara kedua lokasi tersebut.

Rancangan Jalan Tol

Berdasarkan hasil rancangan, jalan tol yang akan dibangun sepanjang 61.5 km, dengan jumlah 2 dan 3 lajur pada setiap arahnya, dengan lebar lajur 3.6 m. Jalan tol akan dirancang dengan kemampuan melayani kecepatan kendaraan hingga 100 km/jam dan melewati 10 jembatan.

Karena jenis tanah yang dilalui merupakan jenis lempung dan topografi bervariasi (datar, perbukitan dan pegunungan), maka direncanakan jalan tol menggunakan konstruksi dengan jenis pengerasan beton bertulang menerus (Continuous Reinforced Concrete Pavement/ CRCP).

Berdasarkan layout yang kami lihat, untuk kawasan Cariu, akan ada pintu tol di sekitar Pasar Cariu. Dengan demikian, akan sangat memudahkan bagi Anda yang berinvestasi kavling tanah di Cariu dan Tanjungsari untuk mengunjungi propertinya.

Penjadwalan

Pembangunan jalan tol ini, Insya Allah akan dimulai kuartal 1 tahun 2024 dan dijadwalkan selesai kuartal 1 2026. Sehingga Insya Allah, 3 tahun lagi proses pembangunan selesai dan siap beroperasi.

Pembiayaan

Direncanakan pembiayaan jalan tol ini menggunakan 100% pembiayaan dari murni swasta, sehingga proses pelelangan diperlukan. Adapun masa konsesi yang diberikan kepada swasta adalah 40 tahun.

Nilai Investasi di Cariu/Tanjungsari akan Sangat Meningkat

Kemudahan akses merupakan faktor yang sangat penting untuk investasi. Keberadaan jalan tol ini, Insya Allah, sangat meningkatkan nilai investasi tanah kavling di Bogor Timur. Akan semakin banyak orang yang mengunjungi, kegiatan ekonomi meningkat, area pariwisata bertambah dan infrastruktur lainnya, akan bertambah.

Jadi, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk berinvestasi, khususnya di

Sekarang mungkin banyak yang belum yakin, namun Insya Allah, tahun 2026 nilai properti di daerah-daerah tersebut akan jauh meningkat.

Segera konsultasikan kebutuhan investasi Anda bersama saya, Muhamad Syukri, dengan mengklik tombol WhatsApp di bagian kanan bawah layar.

Infokan ke teman melalui: