Tingkatkan Kualitas Sholat Anda dengan TI

Tingkatkan Kualitas Sholat Anda dengan TI

Peningkatan produktifitas dengan TI bukan hanya untuk urusan dunia, khususnya pekerjaan, tetapi bisa kita tingkatkan untuk urusan akhirat. Salah satunya adalah peningkatan kualitas Shalat.

Cukup banyak aplikasi komputer/smartphone yang berhubungan dengan ibadah shalat. Dari berbagai aplikasi yang tersedia, aplikasi panggilan sholat merupakan yang terbanyak. Untuk kategori ini, ada dua aplikasi yang menurut saya wajib diinstall di komputer/gadget kita.

1. Shollu versi 3.10 untuk Windows

SholluJika Anda pengguna Windows, Ebta Setiawan telah membuat aplikasi Shollu. Aplikasi klasik ini sudah banyak dikenal, didownload serta diinstal di berbagai komputer. Aplikasi ini memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya:

  • Penentuan waktu sholat yang paling akurat
  • Anda bisa membuat pengingat sholat, misalnya 10 menit sebelum masuk waktu sholat. Ini paling penting karena, khusus ikhwan, bisa mempersiapkan diri ke masjid untuk berwudhu, bergegas ke masjid dan sholat sunnah qabliah.
  • Bisa menambah pengingat untuk waktu-waktu sholat lain, seperti sholat dhuha, sholat jumat dimana Anda bisa menentukan kapan tampilan pengingatnya muncul.
  • Selain memunculkan pengingat, aplikasi ini bisa meminimalkan tampilan aplikasi atau bahkan menshutdown atau hibernate komputer kita sehingga memaksa kita untuk berhenti bekerja.
  • Dan beberapa fitur-fitur lainnya

2. Prayer Times with Qibla untuk Android

kodelokusAplikasi yang dibuat oleh Kodelokus merupakan aplikasi yang menurut saya, dibanding aplikasi-aplikasi sejenis, yang terbaik. Beberapa fitur yang bisa meningkatkan produktifitas sholat kita adalah:

  • Penentuan waktu sholat yang paling akurat
  • Ada 2 notifikasi, notifikasi sebelum waktu sholat (misalnya 10 menit, yang bisa Anda set sendiri) dan notifikasi tepat pada waktu sholatnya. Menurut saya, notifikasi pertamalah yang paling penting, sehingga Anda bisa segera bersiap-siap untuk ke masjid (khususnya laki-laki)
  • Menggunakan fungsi GPS sehingga waktu sholat sesuai dengan tempat Anda berada, tanpa harus diset lagi.
    Bisa menggunakan notifikasi getar/vibrate untuk mengurangi kebisingan
  • Anda bisa mengkoreksi waktu sholat secara manual
  • Notifikasi bisa menggunakan ringtone, zikir atau adzan (tinggal Anda pilih)

Untuk mendownloadnya, silahkan klik: tautan ini

Namun dari berbagai fitur diatas, ada satu fitur penting yang belum ada. Fitur itu adalah pemindahan ringtone dari mode normal ke mode vibrate secara otomatis. Ada baiknya, misalnya 10 menit sebelum waktu dzhuhur hingga 20 menit setelah dzuhur, maka aplikasi mengeset smartphone untuk menggunakan mode vibrate atau bahkan mute sehingga jika ada telepon masuk/sms/notifikasi whatsapp/BBM, maka ringtone smartphone kita tidak mengganggu kita/orang lain (terutama pada waktu sholat berjamaah di masjid). Mudah-mudahan fitur ini akan ada di versi-versi berikutnya.

Anda belum menggunakannya? Silakan install aplikasi-aplikasi diatas. GRATIS kok! Mudah-mudahan pembuat kedua aplikasi diatas mendapatkan pahala atas usahanya ini. Aamiin.

Komentar

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *