Pemisahan akun komputer

Pisahkan akun-akun di komputer keluarga Anda

Jika Anda memiliki komputer yang digunakan bersama, seperti komputer di sebuah keluarga, maka ada baiknya memperhatikan aspek privacy. Pada beberapa kasus, saya temukan aspek ini kurang diperhatikan sehingga file-file yang dimiliki oleh Ayah, Ibu, ataupun semua anaknya bisa diakses dengan mudah oleh pengguna komputer. Selain itu, kondisi ini juga bisa mengurangi kenyamanan, sebagai contoh seorang Ayah terpaksa berpresentasi di depan kliennya dengan latar belakang wallpaper barbie mengendarai mobil warna pink, karena wallpapernya sudah diganti anak perempuannya.

Salah satu cara untuk melindungi privacy dan meningkatkan kenyamanan ini adalah Anda mensetup banyak account/akun di komputer/laptop yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Windows 7, proses setup dan manajemen akun ini bisa dilakukan dengan mengakses Tombol Start, klik Control Panel dan pilih User Accounts and Family Safety. Selanjutnya cukup mengklik opsi Add or remove user accounts.

Pemisahan akun ini akan menambah kenyamanan, karena masing-masing pengguna bisa memiliki tampilan desktop yang berbeda-beda. Anda bisa memiliki tampilan windows yang macho, bussinessman like. Anak bungsu Anda pun bisa dengan mudah meletakkan file PRnya di desktop tanpa khawatir dihapus oleh kakaknya yang iseng mengganggunya. Apalagi jika masing-masing akun memiliki password sendiri.

Jika Anda seorang kepala rumah tangga, pembuatan akun terpisah ini bisa menambah perlindungan keamanan terhadap penggunaan komputer oleh anak-anak Anda. Anda bisa mengeset akun untuk anak-anak Anda dimana mereka tidak bisa menginstal aplikasi baru, sehingga mengurangi instalasi malware yang mungkin dilakukan anak-anak Anda pada waktu mereka online. Untuk memanfaatkan fitur ini, pastikan untuk mengaktifkan Parental Control.

Untuk instalasi aplikasi, seorang Ayah, yang bertindak sebagai administrator di komputer/laptop keluarga bisa mengeset sebuah aplikasi hanya bisa diakses oleh dia sendiri, untuk memastikan anggota keluarga lain tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Jika komputer tersebut sering digunakan untuk mengakses internet (rasanya saat ini semua komputer mengakses internet), maka setiap anggota keluarga bisa dengan nyaman menyimpan setting userid dan password untuk website favoritnya, tanpa khawatir akunnya diakses oleh orang lain. Mereka bisa menympan password untuk email, facebook, twitter dengan aman. Bahkan untuk aplikasi seperti Google Drive dan Dropbox, masing-masing pengguna bisa melakukan sinkronisasi file-filenya masing-masing.

Accounts di Windows 8

Di Windows 8, manajemen akun memiliki aspek lebih luas dibanding manajemen di Windows XP/Vista/7. Sangat disarankan account settings di Windows 8, menggunakan akun online. Dengan cara ini, setiap akun menggunakan akun email di hotmail/outlook/live yang merupakan bagian dari layanan Microsoft. Dengan cara ini, semua setting akun akan disimpan di server-server Microsoft. Sehingga bila Anda memiliki lebih dari 1 komputer dan membuat akun masing-masing anggota keluarga di komputer-komputer tersebut, maka settingannya akan selalu tersinkronisasi di kedua komputer tersebut. Dengan demikian, pengguna bisa login di sembarang komputer, tetapi isi file-filenya akan sama. Tentu saja kedua komputer tersebut harus terkoneksi internet selama penggunaannya.

Sudah siap memisahkan akun-akun di komputer keluarga Anda?

Komentar

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *