Catat, Foto, Rekam dimana saja

Catat, Foto, Rekam di mana saja

Jaman gadget seperti sekarang, memungkinkan para pembuat software berkreasi di berbagai bidang. Dari hal yang paling kecil seperti perhitungan sederhana hingga ke kegiatan yang kompleks seperti manajemen pegawai. Salah satu hasil kreasi untuk produktifitas adalah software untuk mencatat (note taking).

Dengan menggunakan smartphone, kini Anda dengan mudah dapat mencatat apa saja, kapan saja, dimana saja. Tidak hanya mencatat tulisan, atau sekedar menggambar, Anda bisa memotret, merekam video kegiatan Anda dan lain-lain. Kemudian, catatan-catatan tersebut disimpan ke smartphone.

Software apa saja yang dibutuhkan?

Anda bisa menggunakan EverNote, OneNote, Google Keep ataupun yang lainnya. Silahkan install di gadget/smartphone Anda. Anda bisa langsung bisa mencatat/merekam apa saja yang Anda mau. Yang lebih kerennya lagi, apa yang Anda catat itu tidak hanya disimpan di smartphone Anda, tetapi juga di simpan di server-server pembuat software tersebut. Loh, buat apa?

Setelah menginstall di smartphone, Anda sangat disarankan juga untuk menginstall software pendukungnya di komputer Anda. Dengan demikian, apa yang sudah Anda catat di smartphone, nanti akan tersedia juga di komputer Anda! Cool, ya… Foto-foto yang Anda simpan di OneNote di smartphone, misalnya, bisa Anda buka juga di komputer Anda. Demikian juga dengan catatan, rekaman video dan sebagainya. Wal hasil, catatan-catatan tersebut bisa copy/paste ke file-file pekerjaan Anda.

Sebaliknya pula, Anda bisa membuat berbagi catatan di komputer, dan tentu saja karena tersinkronisasi dengan server-server, maka catatan tersebut bisa juga Anda nikmati di smartphone Anda. Anda bisa edit dan ubah catatan tersebut sambil menunggu busway/commuter line tercinta. 🙂

Gunanya apa?

Misalnya sewaktu di perjalanan pulang ke rumah, Anda melihat sesuatu yang menarik, maka silahkan ambil gambarnya. Simpan melalui software notes, dan beri juga catatan. Setiba di rumah, karena tersinkronisasi ke internet, foto dan catatan tersebut sudah ada di komputer Anda. Selanjutnya bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk ngeblog.

Software notes juga memiliki kemampuan sharing loh! Anda bisa berbagai catatan dengan rekan-rekan Anda sehingga mereka juga bisa menikmati catatan Anda. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk berbagi pekerjaan dalam tim.

Kalau saya, pakai yang mana?

Awalnya saya pakai EverNote (versi gratis), tetapi ternyata terlalu kompleks untuk keperluan saya. Sudah 1 tahun ini saya beralih ke Google Keep. Walaupun simpel, hingga saat ini berbagai keperluan saya untuk catat-mencatat ini sudah terpenuhi software ini.

Anda (mau) pakai yang mana?

Komentar

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *